Model Desain Rumah Mewah Orang Belanda

Desain Rumah Mewah Kolonial Belanda - Sekian lama indonesia di jajah oleh bangsa belanda, menyisakan kepiluan yang sangat mendalam. Kuran...

Selasa, 25 Desember 2018

Model Desain Rumah Mewah Orang Belanda

Desain Rumah Mewah Kolonial Belanda - Sekian lama indonesia di jajah oleh bangsa belanda, menyisakan kepiluan yang sangat mendalam. Kurang lebih selama 350 tahun rakyat indonesia berada dibawah tekanan penjajahan kolonial belanda. Rakyak indonesia seakan-akan tak berdaya melawan penjajahn kala itu dikarenakan sebagian besar rakyat perlawanan masih bersiat kedaerahan.

Namun setalah belanda mulai melemah, penajajahan baru di mulai oleh jepara. Tepat di tanggal 17 Agustus 1945 Bangsa indonesia mengumumkan kemerdekaanya dikarenakan jepang kalah telak setelah Nagasaki dan Horosima di bom nuklir oleh aliansi blok barat.

Kini indonesia telah merdeka, namun puing-puing peninggalan bekas pendudukan belanda dan jepang masih bisa kita lihat dibeberapa lokasi cagar sejarah yang lindungin oleh pemerintah NKRI. Yang paling menarik diantaranya adalah rumah mewah peninggalan kolonial belanda.

Beberapa bangunan bekas rumah maupun kantor pemerintahan kolonial belanda bisa dibilang mewah. Tidak hanya itu termasuk perabot seperti kursi tamu mewah, meja makan, lemari dan perabot rumah belanda cukup terlihat mewah dan elegan. Rumah-rumah peninggalan belanda yang masih bagus dan masih kokoh saat ini telah diambil alih oleh pemerintah dan dijadikan untuk perkantoran maupun tempat tinggal para pegawai.

Desain Mewah Rumah Belanda 

Desain Rumah Mewah Belanda
Desain Rumah Mewah Belanda

Rumah Mewah Blanda
Rumah Mewah Blanda dilengkapi tamn dan cat warna puith

Desain Rumah Belanda dari samping
Desain Rumah Belanda dari samping

5 Ciri Khas Perumahan Mewah Belanda:

1. Model Atap rumah yang melengkung

Adapun penggunaan atap dengan model melengkung adalah ciri khas rumah Belanda yang cukup mencolok. Meski cenderung substansial, namun terlihat atraktif. Rumah-rumah Belanda juga memiliki serambi di Ground Floor. Tentunya, tipe arsitektur rumah Belanda di Indonesia sedikit berbeda dengan arsitektur di negara asalnya karena menyesuaikan iklim di Indonesia.

2. DesainDenah Ruangan Rumah

Denah ruangan rumah Belanda tidak jauh berbeda dengan denah ruangan rumah pada umumnya. Terdapat ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, dan kamar tamu di rumah Belanda. Biasanya lantai atas digunakan sebagai ruang kamar anak.

3. Material Bangunan Rumah

Biasanya rumah Belanda dibuat dengan menggunakan material seperti batu bata, batu alam, hingga clapboard siding, yang disesuaikan dengan lokasi rumah.

4. Interior Furniture

Furnitur bernuansa kolonial sangat bervariasi. Di kamar tidur, dapat dijumpai mebel jepara seperti lemari pakaian yang cukup lebar. Biasanya furnitur di rumah Belanda dipenuhi ornamen pada bagian permukaannya. Teknik marquetry dan veneering merupakan teknik yang cukup sering diaplikasikan pada furnitur bergaya Belanda.

5. Memiliki Karya seni

Di setiap rumah Belanda, pasti selalu ada karya seni yang terpajang di beberapa sudut ruangan, seperti lukisan pemandangan laut dari cat minyak. Mengapa? Karena pada zaman dahulu orang Belanda gemar bereksplorasi ke beberapa tempat melalui jalur laut. Tidak heran jika pemandangan laut sering ditemukan pada lukisan orang Belanda.

Sumber artikel dan gambar:
- https://id.wikipedia.org/wiki/Blok_Barat
- bp.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar